Menu

Obat Untuk Sakit Gigi

Obat Sakit Gigi Yang Paling Ampuh – Hanya Dalam 1-9 Menit

Obat untuk Sakit Gigi Berlubang

Obat untuk sakit gigi berlubang yang kami sajikan disini adalah salah satu obat sakit gigi berlubang yang telah terbukti dan terpercaya sangat efekti dalam mengatasi masalah sakit gigi yang satu ini. Obat ini berupa cairan tetes yang dapat Anda terapkan langsung ke pusat sakit gigi berlubang atau bisa juga menggunakan kapas.

Sakit gigi yang ditandai dengan sensasi berdenyut dalam dan tajam dalam gigi  akan dapat meluas ke gusi dan rahang atau bahkan menyebabkan sakit kepala dan demam , biasanya penderita sakit gigi kadang-kadang menjadi sangat sensitif terhadap suara dan mudah tersinggung. Tingkat keparahan sakit gigi ini dapat berkisar dari ringan sampai kronis dan tajam dengan sangat menyiksa. Salah satu penyebab utama dari hal ini adalah seperti yang biasa kita kenal dengan gigi berlubang.

Gigi berlubang (karies) adalah kerusakan gigi dalam dua lapisan luar gigi yang disebut enamel dan dentin. Enamel adalah permukaan terluar yang keras putih pada gigi dan dentin adalah lapisan kuning tepat di bawah enamel. Kedua lapisan ini berfungsi melindungi jaringan gigi bagian dalam yang hidup, dan ini disebut pulp, dimana pembuluh darah dan saraf berada.

Gigi berlubang umumnya dapat mempengaruhi lebih dari 90% dari populasi kesehatan gigi, Ini adalah hasil dari produksi asam oleh bakteri dari fermentasi sisa-sisa makanan yang menumpuk di permukaan gigi dan akan bercampur dengan air liur kemudian akan membentuk zat lengket yang disebut plak, nah plak inilah yang akan menempel pada gigi. Asam dalam plak kemudian akan melarutkan permukaan enamel gigi, membuat rongga dan membentuk lubang pada gigi ( karies gigi ) sehingga gigi bisa terasa nyeri tak tertahankan.

Gigi Berlubang

Gejala gigi berlubang ini biasanya termasuk kepekaan terhadap makan makanan yang bersifat dingin dan panas atau bahkan kesulitan mengunyah. Bagian gigi yang paling rentan terhadap kerusakan gigi adalah daerah di mana plak paling mudah dapat menumpuk. Plak cenderung untuk menetap ke pit dan fisura di puncak gigi, ke daerah-daerah sela-sela gigi, dan di samping garis gusi. Di mana ada plak, ada bakteri dan asam, dan akhirnya menghancuran permukaan gigi. Inilah penyebab utama sakit gigi dari gigi berlubang.

Beberapa bentuk penanganan dari sakit gigi berlubang ini diantaranya adalah dengan menggunakan dental floss (benang gigi) untuk mengurangi risiko berkembangnya kerusakan gigi. Dental floss adalah pembersihan plak yang menempel pada gigi dengan menggunakan benang benang tipis dan lembut yang terbuat dari nilon dan plastic. Tetapi hal ini hanya membantu mengurangi kerusakan yang di sebabkan plak asam enamel, yang tidak dapat mengatasi sakit gigi, hal ini hanya bersifat sebagai pembersih untuk sementara.

Lalu apa obat sakit gigi berlubang ini? adakah obat yang dapat bekerja sebgai pembersih, sekaligus menyembuhkan secara permanen?

Kini kami mempersembahkan salah satu produk herbal Indonesia centre untuk obat sakit gigi berlubang yang paling ampuh, hanya dalam 1-9 menit sembuh secara permanen!

Super Green Plus SG

Super Green Plus SG merupakan obat sakit gigi herbal yang terbuat dari 100% bahan-bahan herbal alami, sangat ampuh untuk berbagai masalah pada gigi tanpa EFEK SAMPING dan memiliki khasiat yang lebih cepat dengan hanya membutuhkan waktu 1-9 menit saja, secara permanen, utamanya untuk sakit gigi berlubang.

Produk Super Green Plus SG ini telah teruji dari beberapa uji ekstraksi oleh para ahli herbalis. Beberapa komposisi bahan dari obat ini adalah: Murraya Paniculata, Nigella Sativa, Zat garam galian, dan berbagai zat-zat mineral lain yang terkandung di dalamnya.

Selain dapat berfungsi sebagai obat yang sangat ampuh untuk sakit gigi, Super Green Plus SG juga di khususkan sebagai pencegah terjadinya sakit gigi, baik bagi gigi berlubang, infeksi gusi atau pembengkakan gusi dan dapat mencegah timbulnya kembali sakit gigi, yang memiliki peranan utama sebagai pembersih bakteri dan kuman dalam gigi. Super Green Plus SG sangat aman di gunakan, telah terdaftar untuk ijin edar produk dari DEP.KES.RI.NO.PIRT272.100914522.

Berapa Harganya?

Harga Super Green Plus SG Relatif Murah, Hanya Rp.100.000/Box, Belum Termasuk Ongkos Kirim

Cara Order dan Pemasaran

Sialahkan Kirim SMS Ke : 0852-4036-9558, Dengan Format :

SG # NAMA # ALAMAT LENGKAP # JUMLAH PESANAN # BANK TRANSFER

Untuk Sementara Kami Masih Menggunakan 2 Layanan Transfer Bank : MANDIRI & BNI

Jangan Melakukan Transaksi Sebelum Menerima SMS Konfirmasi Dari kami, Kami Akan Membalas SMS Anda Dengan Total Jumlah Biaya + Ongkos Kirim Yang Harus Anda Transfer Kerekening Pembayaran Kami.

Bagaimana Cara Kerja SUPER GREEN PLUS SG?

Sangat banyak OBAT SAKI GIGI yang beredar di pasaran, khususnya di berbagai toko-toko obat, tetapi semua hanya dapat memberi reaksi atau efek sementara saja dari rasa ngilu dan nyeri dan tidak menjamin kesembuhan untuk seterusnya.

Super Green Plus SG dapat bekerja secara langsung ke PUSAT NYERI. Cepat, hanya dalam 1-9 menit, dengan cara membunuh Asam yang dihasilkan oleh bakteri dalam plak secara menyeluruh dari penyebab sakit gigi dan gigi berlubang .

Obat sakit gigi yang unik ini dapat bekerja sebagai pembersih bakteri dan plak dalam mulut yang menumpuk pada garis-garis gusi pada saat terjadi pembengkakan gusi.

Super Green Plus SG dapat bekerja secara efektif hingga akar gigi melalui saluran akar gigi dan berfungsi sebagai penenang saraf gigi tanpa membuat gigi menjadi sensitif dan dapat memperkuat akar gigi.

Bagaimana Cara Penggunaan SUPER GREEN PLUS SG?

1. Sikat gigi atau bersihkan gigi terlebih dahulu.

2. Kemudian kumur-kumur dengan menggunakan air hangat sampai tak ada lagi sisa makanan yang tersisa di gigi. Tetapi jika Cara pertama dan kedua ini sudah tidak bisa dilakukan karena sakit gigi yang tak tertahankan, silahkan gunakan langsung saja.

3. Teteskan Super Green Plus SG langsung ke gigi sebanyak 2 – 3, tetes pada gigi berlubang yang sakit, atau tetes pada kapas, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

4. Agar sakit gigi tidak berulang dan dapat memperkuat kembali akar gigi, lakukan hal diatas secara berulang sebanyak 6 kali (setiap 10 menit, kapas diganti), atau pada malam hari sebelum tidur lubang gigi diberi kapas + super green plus SG, keesokan harinya baru dilepas. lakukan selama 3 hari berturut-turut.

5. Untuk masalah pembengkakan gusi (infeksi jaringan gusi) dan sakit gigi yang tidak berlubang, berikan Super Green Plus SG pada garis-garis gusi dengan menggunakan kapas sebanyak 6 -7 kali.

Mengapa Harus Menggunakan Super Green Plus SG?

  • Super Green Plus SG merupakan obat sakit gigi alami, yang komposisinya terbuat dari 100 % bahan-bahan herbal alami, sama sekali tanpa ada efek samping yang dapat digunakan bagi semua kalangan usia, AMAN DIGUNAKAN BAGI ANAK-ANAK.
  • Selain telah terdaftar di DEP.KES.RI.NO.PIRT272.100914522, juga telah lulus hasil uji Laboratorium No: 3164/LHU/Bd/LAK-BBIA/VIII/2007. TIDAK BERBAHAYA/AMAN jika diminum (Tertelan).
  • Selain hasilnya dapat bekerja secara cepat dalam jangka waktu 1-9 menit, juga dapat memberi hasil yang permanen dan menjaga datangnya kembali skit gigi.
  • Super Green Plus SG telah terbukti khasiatnya di seluruh Indonesia, dan telah menjadi obat andalan untuk sakit gigi di kalangan rumah tangga.
  • Super Green Plus SG dapat disimpan sebagai obat kesiap siagaan jika anggota keluarga anda mengalami sakit gigi.

Namun jika Anda belum memiliki Super Green Plus SG ini, disini kami juga menyajikan tips dan cara terbaik untuk menghindari dan memilih bahan alami sebagai penanganan atau pertolongan pertama yang dapat anda lakukan jika sakit gigi yang satu ini terjadi. Beberapa obat sakit gigi berlubang ini sangat mudah anda temukan didapur Anda, apalagi jika sakit gigi menyerang pada saat tengah malam.

Tipe-Tipe Sakit Gigi berlubang

Gigi berlubang terjadi ketika dentin dan enamel gigi rusak. Lalu mengapa gigi berlubang bisa terjadi? Menurut ilmu kedokteran gigi konvensional, di dalam mulut hidup bakteri. Bakteri ini membentuk asam hingga akhirnya menimbulkan plak yang menjadi penyebab awal terjadinya gigi berlubang. Selain itu, teori konvensional itu berpendapat bahwa pola makan juga memberikan kontribusi terhadap terjadinya gigi berlubang.

Pada akhirnya, saat lubang gigi terbentuk, maka timbullah asumsi bahwa orang tersebut tidak merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka dengan baik. Hal ini bisa karena tidak menyikat gigi dengan baik, atau tidak membersihkan sisa makanan yang tersembunyi di sela-sela rongga gigi dengan menggunakan benang (flossing). Selain itu, ada pula dugaan yang mengarah pada kurangnya asupan fluoride melalui pasta gigi. Beberapa hal inilah yang dianggap sebagai penyebab terjadinya gigi berlubang.

Namun perlu diketahui bahwa saat sakit gigi berlubang datang menyerang, kita bisa menggunakan cara alami untuk dijadikan sebagai obat sakit gigi berlubang. Bisa dikatakan jika hal ini merupakan bentuk pertolongan awal terhadap rasa sakit yang menyerang sebelum benar-benar melakukan pengobatan pada dokter gigi. Berkunjung ke dokter gigi sebaiknya dilakukan agar bisa mendapatkan informasi yang akurat serta pengobatan yang tepat sesuai kondisi gigi berlubang yang sakit.

Secara umum, ada 3 tipe sakit gigi berlubang yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Adapun ke-3 tipe sakit gigi berlubang tersebut adalah:

  1. Lubang koronal (coronal cavities) adalah tipe sakit gigi berlubang yang paling umum terjadi. Lubang koronal terletak di bagian atas gigi atau di antara gigi. Penyebab tipe sakit gigi berlubang ini adalah karena pola makan yang buruk.
  2. Lubang akar (root cavities) adalah tipe sakit gigi berlubangyang terjadi pada akar gigi ketika bagian dari akar gigi terekspos. Penyebab dari tipe sakit gigi berlubang ini adalah karena kombinasi pola makan yang buruk dan tekanan saat menggigit makanan.
  3. Gigi berlubang yang berulang (recurrent tooth decay) adalah tipe sakit gigi berlubang yang terbentuk di sekitar tambalan dan mahkota gigi yang ada. Hal ini bisa menjadi yang terburuk setelah gigi telah ditambal sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena keausan pada gigi saat diisi bahan tambalan.

11 Tips untuk Menghindari Terjadinya Sakit Gigi Berlubang

Gigi berlubang disebut juga karies (carries) yang disebabkan karena terjadinya kerusakan pada gigi. Kerusakan ini biasanya berupa pembusukan yang terjadi karena adanya infeksi bakteri yang menyebabkan gigi kekurangan mineral serta kerusakan jaringan keras pada gigi. Beberapa faktor inilah yang dapat meningkatkan risiko terkena sakit gigi berlubang, termasuk sisa makanan yang melekat pada gigi untuk waktu yang lama.

Kebiasaan ngemil sebelum tidur malam dan enggan menyikat gigi setelah ngemil akan memberburuk kondisi kesehatan mulut yang mungkin sudah tercemar karena bakteri yang beraktivitas di sela-sela rongga gigi. Saat kondisi mulut tercemar, itu menandakan bahwa mulut dan gigi tidak mendapatkan fluoride yang cukup. Biasanya fluoride terkandung dalam sebuah produk pasta gigi, sehingga untuk menghindari terjadinya gigi berlubang dan mendapatkan obat sakit gigi berlubang sebelum benar-benar mengalaminya, maka sikatlah gigi secara rutin dan teratur, terutama sebelum tidur di malam hari.

Pada saat gigi mulai mengalami rasa sakit karena adanya lubang, biasanya akan menunjukkan beberapa gejala awal. Gejala awal ini biasanya bervariasi pada beberapa orang, tergantung dengan jenis dan tingkat keparahan gigi berlubang yang dialaminya. Beberapa gejala umum yang perlu diketahui antara lan: gigi mengalami sensitivitas ketika mengkonsumsi makanan atau minuman yang hangat, dingin, atau manis. Biasanya gigi yang sensitif akan mengalami rasa sakit dan nyeri yang tajam. Selain itu, lubang pada gigi yang terinfeksi akan memunculkan titik noda pada permukaan gigi, seperti noda berwarna hitam, coklat, atau putih.

11 Tips untuk Menghindari Terjadinya Sakit Gigi Berlubang

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita bisa terhindar dari derita sakit gigi berlubang. Namun bila sudah terlanjur memiliki gigi berlubang, setidaknya tips ini dapat meminimalisir rasa sakit yang dirasakan ketika gigi berlubang terasa sakit. Adapun ke-11 tipsnya antara lain:

  1. Gunakan obat kumur yang mengandung anti bakteri secara rutin dan teratur. Hal ini dapat bertindak sebagai obat sakit gigi berlubang yang bekerja dengan cara membantu menyingkirkan bakteri, menghilangkan plak, serta mencegah penyakit gusi.
  2. Bilas mulut dengan air hangat setelah makan atau minum minuman yang berasa manis.
  3. Hindari makan atau minum dengan kandungan gula halus sebab hal itu akan menciptakan sebuah plak baru di sela-sela gigi hingga lama kelamaan memicu terjadinya gigi berlubang.
  4. Konsumsi rutin salah satu jenis teh herbal, seperti teh hijau atau teh hitam, maka bisa bertindak sebagai obat sakit gigi berlubang yang dapat membantu dalam mengurangi timbulnya plak, sekaligus juga mengurangi pertumbuhan bakteri di dalam mulut.
  5. Sesaat setelah meminum minuman yang mengandung asam, segeralah sikat gigi dan bilas gigi dengan air hangat.
  6. Kunyahlah permen karet bebas gula yang bertujuan untuk merangsang produksi air liur, sekaligus juga membuat gigi terasa menjadi lebih kuat.
  7. Minumlah air putih yang cukup sepanjang hari. Dalam hal ini, air tidak hanya akan menyingkirkan bakteri, tetapi juga memproduksi air liur yang berperan penting dalam kesehatan gigi, gusi, dan mulut.
  8. Minumlah jus cranberry sebagai obat sakit gigi berlubang sekaligus juga meningkatkan kesehatan mulut.
  9. Lakukan pola makan yang baik, dengan cara makanlah makanan yang tinggi serat untuk membantu produksi air liur.
  10. Pastikan untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang kaya akan vitamin A, D, E, dan K, serta kalsium, fosfor, magnesium, dan mineral penting lainnya.
  11. Makanlah keju setiap hari untuk mendapatkan bantuan mengenai masalah gigi berlubang.

Dengan mengikuti tips di atas, maka kita bisa terhindar dari rasa sakit akibat gigi berlubang yang menimpa. Beberapa di anatara tips di atas, bisa dijadikan pula sebagai obat sakit gigi berlubang yang alami meskipun itu hanya berlangsung sementara saja dalam meredakan rasa sakit dan nyeri akibat gigi berlubang. Jadi, tindakan yang lebih tepat untuk menghindari terjadinya sakit gigi berlubang yang berkepanjangan adalah hanya dengan konsultasi di klinik dokter gigi.

Penyebab Gigi Berlubang

Gigi berlubang (karies) adalah lubang dalam 2 lapisan luar gigi yang disebut enamel dan dentin. Enamel adalah permukaan yang keras putih terluar, dan dentin adalah lapisan kuning tepat di bawah enamel. Kedua lapisan tersebut berfungsi melindungi jaringan gigi yang hidup di dalam, yang disebut pulpa, dimana pembuluh darah dan saraf berada. Gigi berlubang menjadi masalah yang cukup serius dan memerlukan obat sakit gigi yang dapat bekerja dengan baik untuk mengatasinya.

Pada umumnya, 90% orang yang mengalami sakit gigi biasanya disebabkan karena giginya yang berlubang. Pada saat gigi mulai berlubang, biasanya hanya diawali dengan lubang kecil dan kemungkinan tidak menyebabkan rasa sakit sehingga tidak disadari. Lama kelamaan lubangnya akan membesar sehingga sisa makanan akan terkumpul disitu dan pulpa dalam gari gigi akan terganggu oleh racun bakteri, makanan yang terlalu panas, dingin, manis, atau asam yang bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit pada gigi.

Penyebab Gigi Berlubang

Sakit gigi karena gigi berlubang biasanya disebabkan oleh bakteri di dalam mulut yang kemudian mengubahnya menjadi plak asam. Plak asam berbeda dengan plak periodontal yang menyebabkan gangguan pada gusi. Plak asam yang dihasilkan oleh bakteri dapat menyebabkan lapisan anorganik enamel mengeras dan dentin melunak. Lapisan dentin yang melunak kemudian dibubarkan oleh air liur, dan meninggalkan lubang (rongga) di gigi.

Seiring dengan berjalannya waktu, lubang pada gigi dapat terus mengikis dan merusak pulpa dalam gigi. Kerusakan pulpa dapat mengakibatkan kematian pulpa, infeksi, dan abses gigi. Oleh karena itu, kerusakan pulpa akan memerlukan perawatan berupa ekstraksi gigi atau prosedur saluran akar di mana pulpa sekarat dihapus dan diganti dengan bahan inert.

Perlu diketahui bahwa gigi berlubang lebih rentan terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa sebab enamel gigi mereka belum matang, dan dibutuhkan waktu sekitar 7 tahun untuk membuat enamel kapur menjadi lebih matang, padat, keras, dan mengkilap. Sementara itu, bakteri penyebab gigi berlubang juga sulit diberantas karena mirip dengan bakteri berbahaya lainnya yang hidup pada rongga mulut.

7 Tanda dan Gejala Sakit Gigi Berlubang

Masalah kerusakan gigi pada umumnya tidak menimbulkan gejala pada tahap awal. Namun, ketika dibiarkan tidak diobati untuk waktu yang lama, dapat menyebabkan komplikasi yang akhirnya dapat menyebabkan kehilangan gigi. Kerusakan gigi biasanya terjadi selama periode waktu tertentu karena pembentukan plak dan kerusakan yang disebabkan oleh bakteri. Akibatnya, tanda-tanda gigi berlubang dan kerusakan gigi muncul secara bertahap dimana asam hadir dalam plak melarutkan email gigi dan membuat gigi berlubang yang tumbuh di dalam struktur gigi.

Tanda dan Gejala Sakit Gigi Berlubang

Untuk menghindari terjadinya sakit gigi berlubang yang parah dan menyakitkan, ada baiknya untuk mengidentifikasi tanda dan gejala sakit gigi berlubang agar bisa mendapatkan bentuk obat sakit gigi berlubang yang lebih tepat seperti berikut ini:

  1. Gigi menjadi sensitif terhadap makanan dan minuman yang panas, dingin, manis, atau asam
  2. Gigi terasa sakit dan berdenyut
  3. Bau mulut dan aroma yang tidak sedap dari dalam mulut
  4. Timbul bercak putih, abu-abu, atau coklat pada gigi yang berlubang. Hal ini menunjukkan bahwa gigi telah kehilangan mineralnya (demineralisasi)
  5. Lubang mulai terlihat pada gigi
  6. Terbentuknya nanah di sekitar gigi
  7. Peradangan gusi

Untuk mengetahui jenis obat sakit gigi berlubang yang tepat jika terjadi salah satu tanda dan gejala sakit gigi berlubang seperti di atas, maka sebaiknya meminta langsung diagnosis pada dokter gigi. Biasanya dokter gigi akan mengidentifikasi kerusakan gigi melalui ujian lisan dan inspeksi visual. Dokter gigi akan cenderung untuk memeriksa sensitivitas, nyeri, dan beberapa lainnya dengan menelusuri gigi menggunakan instrumen gigi. Selain itu, x-ray gigi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus untuk menentukan sejauh mana lubang pada gigi. Penggunaan teknologi lainnya seperti fiber opting light (serat cahaya) dan energi laser bisa digunakan untuk melihat tingkat pembusukan yang terjadi pada gigi yang berlubang.

11 Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Manjur, Ampuh dan Efektif

1. Obat Sakit untuk Gigi berlubang dari Kunyit

Mulut adalah pintu gerbang ke saluran pencernaan yang menerima makanan dan air liur. Mulut dilapisi dengan membran mukosa dan terdiri dari rongga mulut. Rongga mulut termasuk gigi dan gusi, dimana di dalamnya terdapat atap mulut yang terdiri dari palatum keras dan lunak, sementara dasar mulut ditutupi oleh lidah. Kelenjar ludah hadir di dekat mulut untuk menjaga mulut senantiasa lembab dan bebas dari infeksi.

Namun perlu diketahui bahwa rendahnya tingkat kebersihan di dalam mulut adalah salah satu pemicu terjadinya gigi berlubang. Saat gigi terserang rasa sakit akibat gigi berlubang, pada saat itu gigi mungkin akan mengalami sensasi rasa nyeri dan sakit yang luar biasa.

Selain menyebabkan gigi berlubang, kurangnya kebersihan mulut juga dapat membuat mulut rentan terhadap sejumlah gangguan atau infeksi lainnya seperti: radang gusi, periodintitis, borok, kista pada mulut, kanker mulut, dan beberapa lainnya. Untuk itu, dokter gigi telah merekomendasikan sejumlah prosedur untuk menjaga kebersihan mulut, seperti:

  • Pembersihan gigi secara profesional
  • Irigasi Oral
  • Penghapusan plak
  • Pembersihan gigi dengan menggunakan benang gigi (flossing)
  • Pembersihan lidah
  • Perawatan gusi

Namun pertahanan alami tubuh dan kebiasaan kebersihan mulut yang baik dapat melindungi seseorang dari gangguan yang berhubungan dengan rongga mulut. Beberapa jenis bahan alami juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut dan berperan sebagai obat sakit gigi berlubang yang efektif dalam mengatasi masalah gigi berlubang yang diawali dari kesehatan mulut yang rendah. Salah satu bahan alami tersebut adalah kunyit yang dikenal dengan khasiatnya dalam bidang pengobatan alami termasuk mengobati sakit gigi berlubang.

Khasiat Kunyit sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

Selama ini kita mengenal kunyit sebagai salah satu bumbu rempah yang terkenal di Asia. Kunyit merupakan keluarga jahe-jahean yang mengandung senyawa Curcuminoids yang merupakan antioksidan yang kuat, sekaligus memberikan warna kuning cerah pada kunyit. Curcumin adalah Curcuminoids utama yang menunjukkan sifat farmakologi dari kunyit.

Kunyit memiliki sejumlah properti signifikansi klinis seperti anti inflamasi, antioksidan, anti kanker, anti mikroba, dan lain-lain. Hal ini semakin diperkuat dengan sejumlah studi penelitian yang menunjukkan bahwa sifat khas yang dimiliki kunyit dapat digunakan dalam menangani masalah gigi berlubang dan sejumlah gangguan lainnya yang berhubungan dengan kesehatan mulut. Dengan khasiatnya itulah sehingga dapat menjadikan kunyit sebagai obat sakit gigi berlubang yang cukup efektif.

Bagaimana Menggunakan Kunyit sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang?

Berikut ini beberapa cara yang mudah diikuti dalam hal menggunakan kunyit sebagai obat sakit gigi:

  • Siapkan segelas air kemudian masukkan sekitar 5 gram bubuk kunyit dan 2 lembar daun jambu biji yang telah dicuci bersih dan dihaluskan, aduk rata. Kemudian masukkan dalam mulut dan diamkan selama sekitar 30 detik pada bagian gigi berlubang, kemudian berkumur dengan air kunyit ini. Hal ini bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi berlubang yang akan meredakan gejalanya untuk beberapa saat.
  • Siapkan pasta kunyit dengan mencampurkan 1 sendok teh kunyit dengan ½ sendok teh garam dan ½ sendok teh minyak mustard. Aduk rata kemudian gosokkan pasta ini pada bagian gigi berlubang. Terapkan obat sakit gigi berlubang ini minimal 2 kali sehari.
  • Ambil bola kapas dan bubuhi dengan minyak vitamin E dan bubuk kunyit secukupnya kemudian gunakan sebagai obat sakit gigi berlubang dengan menyelipkannya pada bagian gigi berlubang.

Kunyit dikenal dengan khasiatnya yang dapat menyembuhkan sakit gigi berlubang dengan kandungan senyawa Curcumin yang dimilikinya. Tetapi, jika sakit gigi berlubang yang dialami telah parah, maka berobat ke dokter gigi adalah solusi yang dianjurkan, agar bisa mendapatkan bentuk perawatan yang lebih baik dan terbebas dari masalah gigi berlubang dengan pengobatan untuk jangka panjang.

2. Obat untuk Sakit Gigi Berlubang dari Ekstrak Vanili

Ekstrak vanili adalah larutan yang mengandung senyawa rasa vanilin sebagai bahan utama. Ekstrak vanili diperoleh dari ekstrak biji vanili yang dilarutkan dalam alkohol. Tanaman vanili banyak ditemui di Meksiko, sehingga di Amerika Serikat, suatu ekstrak vanili dikatakan murni apabila mengandung 100 gram biji vanili dan 35% alkohol per liternya (13,35 ons per gallon). Hal ini berdasarkan ketetapan dari dewan FDA (Food and Drug Administration) yang merupakan badan POM di Amerika Serikat. Meskipun dikenal sebagai salah satu bahan untuk kue, ekstra vanili juga populer sebagai obat untuk menyembuhkan rasa sakit dan kecemasan. Salah satu contoh pengaplikasiannya adalah sebagai obat sakit gigi berlubang.

Sebagaimana diketahui bahwa gigi berlubang diawali karena adanya bakteri yang berkembang biak di dalam mulut. Pada awalnya hanya berupa lubang kecil dan tidak terasa sakit, namun lama kelamaan lubang itu akan membesar dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Biasanya gigi berlubang menyerang gigi geraham belakang. Saat sakit gigi berlubang menyerang, maka saat itu kita akan segera melakukan tindakan awal untuk segera meredakan rasa sakitnya meskipun itu hanya sementara. Penggunaan ekstrak vanili sebagai obat sakit gigi berlubang adalah salah satu yang direkomendasikan.

Manfaat Ekstrak Vanili sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

Ekstrak vanili bisa memberikan manfaat sebagai obat sakit gigi berlubang karena adanya senyawa Eugenol yang terkandung di dalamnya. Perlu diketahui bahwa senyawa Eugenol memiliki sifat antiseptik dan analgesik yang efektif sebagai obat sakit gigi berlubang untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkannya.

Tak perlu ragu untuk menggunakan ekstrak vanili sebagai obat sakit gigi berlubang pilihan, karena ini juga digunakan di kalangan dokter gigi dalam mengobati pasiennya. Dalam hal ini, cairan berwarna kuning jernih atau pucat untuk membuat pasta seng oksida eugenol yang bertujuan sebagai tambalan sementara pada area gigi yang berlubang.

Itulah sebabnya mengapa ekstrak vanili dapat digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang sebelum benar-benar bertemu dokter gigi dalam tahap mengobati gigi berlubang yang dialami. Sementara itu, sifat analgesik pada ekstrak vanili dapat memberikan bantuan sementata dalam meredakan rasa sakit.

Cara Menggunakan Ekstrak Vanili sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

Sangat mudah dalam menggunakan ekstrak vanili pada gigi sebagai obat sakit gigi berlubang, yaitu dengan cara:

  • Tuangkan 3 – 4 tetes ekstak vanili pada bola kapas
  • Setelah itu masukkan dalam mulut dan letakkan pada bagian gigi yang berlubang

Saat diterapkan langsung pada gigi yang berlubang dan sakit, ekstrak vanili akan membantu dalam meredakan rasa sakit yang dialami meskipun itu hanya bertindak sementara. Selain itu, ekstrak vanili juga akan memberikan efek menenangkan. Itulah sebabnya mengapa penggunaan ekstrak vanili sebagai obat sakit gigi berlubang, aman digunakan bahkan pada gigi bayi. Jadi, jika berniat untuk menyediakan ekstrak vanili sebagai obat sakit gigi berlubang pada kotak obat, pastikan untuk menggunakan ekstrak vanili yang murni.

3. Obat untuk Sakit Gigi Berlubang dari Minyak Oregano

Ketika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, maka saat itulah bakteri dalam mulut akan beraksi dimana sisa makanan akan membentuk plak gigi dan menghasilkan asam yang akan menyerang enamel gigi. Menyatunya asam pada pada plak gigi dari waktu ke waktu akan memecah enamel gigi. Pada saat itulah lubang akan mulai terbentuk, meskipun diawali dengan lubang kecil. Lama kelamaan lubang tersebut akan membesar dan menimbulkan rasa sakit yang tak terkira. Gigi berlubang yang menimbulkan rasa sakit ini bisa menimpa siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, dan orang berusia lanjut.

Saat terserang sakit gigi karena gigi berlubang, beragam cara dilakukan agar rasa sakitnya bisa segera berakhir. Sayangnya kebanyakan orang yang mengalami sakit gigi kerap mengabaikan untuk berkunjung segera ke dokter gigi atau beberapa saat setelah mengalami sakit gigi. Mereka lebih senang menggunakan pengobatan berbahan alami yang dipercaya dapat meredakan rasa sakit akibat gigi berlubang, meskipun itu tidak akan benar-benar menyembuhkan gigi yang telah terlanjur berlubang. Jika Anda salah satu yang lebih senang berobat dengan cara alami, maka minyak oregano adalah salah satu pilihan obat sakit gigi berlubang berbahan alami yang direkomendasikan.

Keampuhan Minyak Oregano Sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

1. Memiliki Sifat Anti Bakteri

Minyak oregano adalah salah satu minyak esensial yang diklaim memiliki sifat anti bakteri yang terkuat. Kekuatan anti bakteri dari minyak oregano sama dengan kekuatan obat antibiotik farmasi, dimana minyak oregano dapat membunuh hampir semua jenis bakteri apabila diaplikasikan pada bagian tubuh yang sakit, termasuk gigi yang berlubang. Banyak penderita sakit gigi berlubang yang telah membuktikan keampuhan minyak oregano untuk menyembuhkan rasa sakit gigi yang parah karena gigi berlubang. Ini adalah sebuah bukti nyata sekaligus alasan kuat untuk menjadikan minyak oregano sebagai obat sakit gigi berlubang. Selain cepat dalam meredakan rasa sakit, minyak oregano juga akan menenangkan setelah beberapa saat kita bergelut dengan rasa sakit yang tak tertahankan.

2. Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Tidak hanya ampuh dengan sifat anti bakterinya, namun minyak oregano memiliki sifat anti inflamasi alami yang akan bekerja dengan membunuh rasa sakit yang dirasakan. Keampuhannya dalam membunuh rasa sakit bahkan hampir sekuat morfin. Jadi, sangat tepat jika menggunakan minyak oregano sebagai obat sakit gigi berlubang saat terserang rasa sakit luar biasa karena gigi yang berlubang.

Cara Penerapan Minyak Oregano sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

Saat mengalami sakit gigi dan ingin segera menerapkan minyak oregano sebagai obat sakit gigi berlubang, maka kita bisa memadukannya dengan minyak esensial lainnya agar dapat bekerjasama secara lebih efektif. salah satu minyak esensial yang bisa digunakan bersama minyak oregano adalah minyak zaitun extra murni. Adapun cara penerapannya sebagai obat sakit gigi berlubang adalah sebagai berikut:

  • Campurkan dengan perbandingan yang sama antara minyak oregano dengan minyak zaitun, kemudian aduk rata.
  • Ambil bola kapas, dan rendam selama sekitar 1 menit pada campuran minyak esensial tersebut, kemudian masukkan dalam mulut.
  • Letakkan pada bagian gigi yang berlubang dan diamkan selama beberapa menit hingga rasa sakit yang dirasakan berkurang, mereda, atau hilang sama sekali.

Perlu diketahui agar menggunakan minyak oregano yang murni dan asli yang berasal dari wilayah Mediterania dan berisi konsentrasi carvacrol setidaknya 70%. Minyak zaitun digunakan sebagai campuran minyak oregano mengingat minyak ini cukup kuat sehingga bisa menyengat apabila diterapkan langsung pada bagian gigi yang berlubang.

Minyak oregano murni juga bisa dikonsumsi rutin setiap hari dengan mencampurkan 1 sendok makan minyak oregano murni dalam segelas air hangat. Jika rutin mengkonsumsinya, maka hal ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sebagai perlindungan terhadap berbagai penyakit. Jadi, minyak oregano memiliki keampuhan yang tidak hanya berperan sebagai obat sakit gigi berlubang, tetapi juga untuk gangguan kesehatan lainnya.

4. Obat untuk Sakit Gigi Berlubang dari Minyak Cengkeh

Saat sakit gigi menyerang karena gigi dalam keadaan berlubang, maka hal pertama yang bisa dilakukan hanya pasrah dan meringis sambil menahan rasa sakit yang tak tertahankan. Jika sudah seperti itu, tidak terpikirkan lagi untuk menemui dokter gigi dan lebih Memilih untuk menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah untuk meredakan rasa sakit akibat gigi berlubang. Minyak esensial adalah salah satu bahan alami yang efektif untuk obat sakit gigi berlubang. Dalam hal ini kita bisa memilih minyak cengkeh untuk obat sakit gigi berlubang.

Sebagaimana diketahui bahwa penyebab umum dari timbulnya sakit gigi karena adanya terbentuknya lubang pada gigi akibat aktivitas bakteri yang menginfeksi dan telah memasuki gigi hingga mencapai saraf gigi. Saat itu, gigi yang berlubang akan terasa sangat sakit dan berdenyut-denyut. Sebenarnya hal ini bisa terjadi karena kelalaian kita sendiri yang seringkali kurang memperhatikan kebersihan gigi dan mulut hingga akhirnya tanpa disadari, bakteri dengan leluasa berdiam diri pada sela gigi dan membentuk plak.

Pada saat terjadi penumpukan plak maka akan terbentuklah lubang yang mungkin pada awalnya hanya berukuran kecil, dan seiring berjalannya waktu, lubang tersebut akan membesar hingga memberikan rasa sakit. Pada saat itu, kita akan segera membutuhkan obat sakit gigi berlubang yang dapat bekerja efektif untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan gigi berlubang. Kurangnya kebersihan gigi dan mulut juga bisa memicu terjadinya abses gigi atau gigi yang mengalami kerontokan.

Minyak Cengkeh untuk Obat Sakit Gigi Berlubang

Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan minyak esensial sebagai obat sakit gigi berlubang ketika sakit gigi karena gigi berlubang datang menyerang, maka berikut ini 2 jenis minyak esensial yang dianggap efektif dan direkomendasikan untuk digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang:

Minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol, yang digunakan dalam semen gigi dan filler. Minyak cengkeh memiliki sifat analgesik dan anti bakteri yang kuat, yang dapat membantu dalam mencegah dan melawan infeksi bakteri penyebab gigi berlubang. Meskipun ada beberapa uji klinis definitif tentang minyak cengkeh, namun penggunaan minyak cengkeh sebagai anestesi dan antiseptik topikal telah disetujui. Cara penggunaan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang:

  • Teteskan minyak cengkeh secukupnya pada sebuah bola kapas, kemudian oleskan langsung pada gigi yang berlubang.
  • Minyak cengkeh dapat meringankan rasa sakit karena gigi berlubang sekaligus mengurangi peradangan. Tetapi ingat, jangan ditelan dan hentikan penggunaan jika terjadi iritasi dalam bentuk apapun.

5. Obat untuk Sakit Gigi berlubang dari Minyak Peppermint (Peppermint Oil)

Sebenarnya minyak peppermint bukanlah hal yang asing bagi kita semua, sebab minyak peppermint telah umum ditemukan dalam kandungan pasta gigi dan beberapa permen karet. Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh tim dari University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat, minyak peppermint telah terbukti sebagai anti bakteri dan anti virus yang efektif dalam mencegah terjadinya gigi berlubang yang semakin parah. Selain itu, minyak peppermint juga memiliki sifat anestesi ringan, yang membuatnya ideal untuk dijadikan sebagai obat sakit gigi berlubang yang akan memberikan penyembuhan sementara. Cara penggunaan minyak peppermint sebagai obat sakit gigi berlubang:

  • Teteskan minyak peppermint secukupnya pada sebuah bola kapas, kemudian oleskan langsung pada gigi yang berlubang.
  • Gunakan minyak peppermint yang murni untuk mendapatkan khasiat yang lebih efektif sebagai obat sakit gigi berlubang. Namun penggunaan minyak peppermint harus dilakukan secara hati-hati dan dalam batas kewajaran. Hentikan penggunaan jika terjadi reaksi alergi atau iritasi.

Karena tindakan pencegahan lebih baik daripada mengobati, maka selain menggunakan ke-2 jenis minyak esensial tersebut sebagai obat sakit gigi berlubang, kita harus senantiasa memperhatikan kebersihan gigi dan mulut untuk meminimalisir aktivitas bakteri yang dapat menyebabkan sakit gigi berlubang.

6. Obat untuk Sakit Gigi Brlubang dari Thyme

Pernahkah Anda mendengat tentang thyme sebelumnya? Jika belum maka artikel ini perlu disimak sampai habis sebab di sini akan dibahas mengenai thyme yang dapat digunakan sebagai salah satu obat sakit gigi berlubang.

Thyme adalah sejenis tanaman herbal berwarna hijau yang populer digunakan dalam bidang kuliner, obat-obatan, bahkan aksesoris. Thyme sebenarnya masih memiliki hubungan kekerabatan dengan mint yang merupakan genus origanium. Tanaman yang banyak tumbuh di Eropa, Afrika Utara, dan Asia ini bahkan bisa diolah menjadi teh yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Karena salah satu khasiat thyme adalah sebagai obat-obatan, maka tak heran jika thyme akhirnya dijadikan pula sebagai obat sakit gigi berlubang. Sebagaimana diketahui bahwa terjadinya sakit gigi karena gigi yang berlubang biasanya diawali dengan aktivitas bakteri dalam mulut. Karena aktivitasnya yang gemar mengumpulkan sisa makanan hingga terbentuk plak, maka bakteri di dalam mulut juga akan bertambah terus dan membuat sejumlah gangguan pada kesehatan gigi, salah satunya gigi berlubang.

Khasiat Thyme sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

  • Thyme yang bisa diolah menjadi minyak esensial aromaterapi, akan bertindak sebagai obat sakit gigi berlubang yang cukup ampuh dalam mengatasi masalah gigi berlubang yang dialami. Dalam hal ini, thyme memiliki sejumlah khasiat, seperti:
  • Sebagai antiseptik yang dapat menghilangkan dan mengurangi sakit gigi akibat gigi berlubang serta penumpukan bakteri di dalam mulut
  • Sebagai anti bakteri, karena thyme memiliki konstituen aktif yang dapat mengurangi bakteri yang tidak diinginkan dalam tubuh termasuk mulut

Karena penggunaan obat herbal termasuk thyme telah digunakan selama bertahun-tahun lalu, dan telah teerbukti efektif dibandingkan obat modern, maka jika Anda mengalami rasa sakit yang tak tertahankan akibat gigi berlubang, atau juga memiliki infeksi di dalam mulut, mungkin Anda bisa mencoba thyme sebagai obat sakit gigi berlubang yang efektif.

Cara Penggunaan Thyme sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

Sebenarnya cukup mudah untuk menggunakan thyme sebagai obat sakit gigi berlubang. Anda hanya perlu mengunyah thyme saat sakit gigi berlubang datang menyerang. Kunyahlah thyme pada sisi lain mulut, dan bukan langsung pada gigi yang berlubang dan terasa sakit sebab hal itu bisa menambah rasa sakit dari gigi yang berlubang.

Karena thyme adalah agen antiseptik alami serta anti bakteri, maka hal itu dapat mengobati sakit gigi berlubang secara efektif. Dalam hal ini, ada kemungkinan besar bahwa thyme bisa mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang hanya dengan mengunyah daunnya saja. Perlu diketahui bahwa saat mengunyah daun thyme, maka akan terbentuk jus dari daun dan itu akan menyebar ke sisi lain dari mulut, dimana gigi yang berlubang itu berada. Anda bisa menggunakan daun yang kering ataupun yang masih segar, selama itu higienis.

Mungkin hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mengunyah thyme dapat mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang, namun beberapa orang yang telah mencobanya mengaku bahwa rasa sakit mereka mereda. Meskipun begitu itu hanya berlangsung sementara saja. Jadi jika ingin benar-benar terbebas dari masalah sakit gigi berlubang, temui segera dokter gigi untuk mendapatkan jenis pengobatan yang lebih baik.

7. Obat untuk Sakit Gigi Berlubang dari licorice (Akar Manis)

Penggunaan licorice atau akar manis dalam bidang medis cukup populer, termasuk dalam pengobatan sakit gigi berlubang sebagai obat sakit gigi berlubang. Licorice merupakan sejenis tanaman polong-polongan yang tumbuh di Eropa Selatan dan di beberapa bagian di wilayah Asia. Tanaman ini memiliki ciri khas daun yang tumbuh seperti sayap dengan panjang sekitar 7 – 15 cm.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Natural Products, akar dari licorice dapat membantu dalam menjaga kesehatan gigi. Para penulis melaporkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam akar kering pada tanaman licorice dapat membantu mencegah dan mengobati kerusakan gigi, termasuk gigi berlubang dan penyakit gusi.

Sementara itu, akar licorice yang ditemukan di daratan utara Cina, telah lama digunakan dalam bidang pengobatan tradisional Cina termasuk sebagai obat sakit gigi berlubang. Dalam hal ini, licorice banyak digunakan dalam banyak resep obat herbal Cina sebagai bahan dasar yang dipadukan dengan bahan lainnya agar aktivitasnya lebih meningkat, mengurangi toksisitas, serta meningkatkan rasa.

Dengan adanya penelitian itu maka dapat membantu dalam bidang pengobatan kerusakan gigi yang merupakan salah satu penyakit kronis dan paling umum terjadi dan bisa menimpa siapa saja, mulai dari orang berusia lanjut, dewasa, remaja, dan anak-anak yang kesemuanya rentan mengalami resiko sakit gigi akibat gigi berlubang atau jenis kerusakan gigi lainnya.

Bahan Aktif yang Terkandung pada Licorice

Alasan mengapa licorice dapat bertindak sebagai obat sakit gigi berlubang adalah karena telah ditemukan senyawa yang dominan yang terdapat di dalamnya, yaitu senyawa licoricidin dan licorisoflavan A. Senyawa ini dianggap paling efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Kedua senyawa tersebut ditambah dengan senyawa lainnya yang terdapat pada licorice juga terbukti ampuh dalam mencegah pertumbuhan bakteri yang berhubungan dengan gangguan kesehatan gigi (periodontitis), serta penyakit radang yang dapat menghancurkan tulang, gusi, dan jaringan lain yang mempertahankan gigi.

Cara Penggunaan Licorice sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

  • Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menggunakan licorice sebagai obat sakit gigi berlubang:
  • Gunakan akar kering licorice yang dihaluskan hingga berupa bubuk untuk menyikat gigi secara teratur.
  • Gunakan akar kering licorice seperti sikat gigi untuk menyikat gigi setiap hari.
  • Teh yang terbuat dari ekstrak licorice dan digunakan sebagai obat kumur, dapat meredakan rasa sakit akibat gigi berlubang.
  • Mengunyah permen karet yang mengandung licorice juga dapat membantu dalam meredakan rasa sakit gigi berlubang.

Tips Penggunaan Licorice sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

Meskipun ekstrak akar licorice telah terbukti pada beberapa orang untuk mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang dengan bekerja sebagai obat sakit gigi berlubang, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk penggunaan licorice sebagai obat sakit gigi berlubang:

  • Gunakan hanya pada saat gigi benar-benar terasa sakit.
  • Jangan gunakan suplemen akar licorice secara berlebihan apalagi hingga 4 – 6 minggu berturut-turut. Perlu diketahui jika suplemen akar licorice mengandung glycyrrhizin, dimana hal itu dapat meningkatkan tekanan darah, menurunkan kadar kalium, dan menyebabkan retensi garam dan air ketika dikonsumsi dalam jumlah besar.
  • Bagi mereka yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, perlu berhati-hati ketika menggunakan licorice.
  • Wanita hamil tidak boleh menggunakan suplemen licorice sebagai obat sakit gigi berlubang ketika mengalami sakit gigi berlubang di masa kehamilan.

Dengan mengetahui khasiat, cara penggunaan, maupun efek samping dari licorice sebagai obat sakit gigi berlubang, hal ini bisa membuka pandangan untuk menggunakan licorice dalam batas wajar, karena penggunaan licorice sebagai obat sakit gigi berlubang hanya bertindak sebagai pereda rasa sakit gigi berlubang untuk sementara saja.

8. Obat untuk Sakit Gigi Berlubang dari Wheatgrass

Tidak bisa dipungkiri jika salah satu gejala sakit gigi berlubang hadir karena kekurangan nutrisi pada tubuh. Hal ini semakin diperkuat dengan survey yang diadakan oleh Wellness Mama terhadap sejumlah dokter gigi dimana hal itu mencapai kesimpulan bahwa sebagian besar pasien yang mengalami masalah gigi berlubang diakibatkan karena mereka kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan gigi.

Fakta lain juga telah menunjukkan bahwa semakin modernnya makanan yang dikonsumsi saat ini, justru itulah yang memicu terjadinya gigi berlubang. Sangat kontras dengan keadaan di masa lampau, ketika orang-orang jaman dulu hanya mengkonsumsi makanan seadanya, namun justru hal itu membuat mereka jarang terkena masalah gigi. Kurangnya mineral pada makanan yang dikonsumsi serta rendahnya tingkat beberapa vitamin larut lemak termasuk vitamin A, D, E, dan K adalah pemicu terjadinya gejala sakit gigi berlubang.

Untuk memenuhi tingkat asupan mineral dan vitamin yang diperlukan dalam mencegah terjadinya gejala sakit gigi berlubang, kita bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang dianggap dapat menunjang asupan mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan gigi dan mulut. Salah satu jenis makanan yang dianggap efektif adalah wheatgrass. Itu adalah tanaman sejenis rumput gandum namun berbeda dari malt atau gandum yang terendam air. Dalam hal ini, wheatgrass disajikan dalam keadaan kering, beku, atau segar.

Wheatgrass yang nampak seperti rumput berwarna hijau, mengandung klorofil, asam amino, mineral, vitamin, dan enzim. Wheatgrass telah diklaim dengan sejumlah manfaat kesehatannya karena telah terbukti secara ilmiah dalam menyediakan sejumlah nutrisi tambahan untuk kesehatan gigi dan mulut.

Dalam hal ini, wheatgrass tersedia sebagai produk segar, tablet, jus beku, dan bubuk. Jus wheatgrass diperoleh dari ekstrak kecambah wheatgrass yaitu sebelum benihnya mulai terbentuk sehingga bebas gula dan baik untuk kesehatan gigi dan mulut, termasuk juga sebagai obat sakit gigi berlubang.

Alasan Mengapa Wheatgrass Baik sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang?

Sebuah fakta menarik adalah ketika mengkonsumsi wheatgrass secara rutin dan teratur, maka hal itu akan bekerja dengan baik untuk mencegah masalah gangguan pada gigi, termasuk sebagai obat sakit gigi berlubang. Untuk menguatkannya, berikut ini beberapa alasan mengapa wheatgrass baik sebagai obat sakit gigi berlubang:

  1. Wheatgrass adalah sumber yang sangat terkonsentrasi dengan vitamin A dan E. Dokter gigi telah menemukan bahwa kekurangan vitamin A dan E berkontribusi penuh terhadap terjadinya kerusakan gigi, termasuk gigi berlubang. Untuk memenuhi asupan vitamin A dan E, kita bisa rutin mengkonsumsi jus wheatgrass. Dengan begitu gigi menjadi sehat dan dapat bekerja sebagai obat sakit gigi berlubang yang efektif dalam mencegah terjadinya gigi berlubang.
  2. Wheatgrass merupakan sumber yang sangat terkonsentrasi dari beberapa mineral termasuk zat besi, kalsium, dan magnesium. Mineral-mineral tersebut diperlukan dalam menjaga kesehatan gigi sekaligus dapat menjadi obat sakit gigi berlubang.
  3. Enzim dalam wheatgrass akan membuatnya mudah dicerna, sehingga dapat dijadikan sebagai suplemen vitamin dan mineral yang alami yang mudah terserap oleh tubuh terutama pada bagian gigi untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.
  4. Wheatgrass adalah antibiotik alami yang dapat membunuh banyak kuman dan patogen lain yang menyebabkan kerusakan gigi, penyakit periodontal, penyakit gusi, infeksi jamur, sariawan, dan bau mulut.
  5. Wheatgrass dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang dapat mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan terhadap masalah gigi, termasuk gigi berlubang.

Dengan mengetahui sejumlah alasan tersebut, maka hal itu semakin menguatkan manfaat wheatgrass untuk mengobati gejala sakit gigi berlubang. Dengan begitu kita tidak perlu ragu jika ingin mengkonsumsi wheatgrass sebagai obat sakit gigi berlubang.

9. Obat untuk Sakit Gigi Berlubang dari Gel Lidah Buaya

Sudah sejak lama lidah buaya dikenal dalam bidang medis tradisional karena kemampuannya dalam menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang mengenai tubuh bagian luar. Sejak 6000 tahun lalu, lidah buaya bahkan telah dikenal dan digunakan di Mesir kuno sebagai obat eksternal yang ampuh. Kemudian masyarakat di Amerika dan Asia pun ikut menggunakannya sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi di luar tubuh.

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, berbagai penelitian dilakukan untuk meneliti mengenai khasiat penyembuhan dari lidah buaya yang diambil dari gelnya. Salah satu penelitian mengenai gel lidah buaya adalah kemampuannya dalam bidang kesehatan gigi. Dalam hal ini, gel lidah buaya dianggap sebagai salah satu obat sakit gigi berlubang maupun obat untuk berbagai masalah gangguan kesehatan gigi lainnya.

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Academy of General Dentistry pada Mei/Juni 2009, telah dirilis sebuah data dari studi klinis dimana studi tersebut menunjukkan kemampuan gel lidah buaya yang lebih efektif daripada beberapa pasta gigi komersial yang ternama dalam melawan gigi berlubang. Karena alasan inilah maka penggunaan gel lidah buaya sebagai obat sakit gigi berlubang dalam bentuk pasta gigi mulai populer. Pasta gigi berupa gel lidah buaya dipercaya dapat membunuh bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Hal ini sekaligus juga menjadikan gel lidah buaya sebagai bahan herbal yang penting dalam kesehatan gigi dan gusi.

Karena hal ini pula maka beberapa dokter gigi mulai menggunakan gel lidah buaya sebagai salah satu bahan herbal untuk menyembuhkan sakit gigi berlubang dalam praktik pribadi mereka. Dan ternyata gel lidah buaya tidak hanya sekedar mengobati gigi berlubang saja, tapi juga untuk mulut yang terluka, bibir pecah-pecah, abses gusi, dan beberapa lainnya. Dalam hal ini, gel lidah buaya digunakan sebagai cara untuk mengendalikan peradangan pada gigi yang disebabkan oleh bakteri.

Bahan Aktif dalam Gel Lidah Buaya

Karena gel lidah buaya telah populer digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang, maka perlu diketahui juga bahan aktif apa saja yang terkandung di dalamnya sehingga bisa menjadi obat sakit gigi berlubang yang efektif. Perlu diketahui bahwa tanaman lidah buaya hanya dapat tumbuh pada daerah beriklim hangat.

Lidah buaya merupakan jenis tanaman sukulen yang mengandung zat cair yang kental dan tebal pada bagian dalam daunnya. Zat inilah yang paling berharga dari tanaman lidah buaya dan dapat diperoleh dalam bentuk gel dan disebut sebagai gel lidah buaya. Bahan aktif yang terdapat dalam gel lidah buaya ini meliputi vitamin B12, magnesium, mangan, tembaga, seng, kalsium, kalium, asam folat, natrium, kromium, selenium, dan asam amino.

Selain itu, gel lidah buaya juga mengandung:

  • Enzim lipase dan protease yang merupakan enzim yang dapat membantu proses pencernaan
  • Rantai panjang polisakarida yang dapat meningkatkan sistem kekebalan dan detoksifikasi tubuh
  • Asam lemak karboksilat yang bekerja sebagai anti inflamasi
  • Saponin yang bekerja sebagai anti virus, anti jamur, dan anti mikroba
  • Emodin dan aloin yang bekerja sebagai penghilang rasa sakit yang sama baiknya dengan beberapa jenis obat penyembuh lainnya

Penggunaan Gel Lidah Buaya sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

Untuk menggunakan gel lidah buaya sebagai obat sakit gigi berlubang, kita hanya perlu melakukan langkah mudah berikut ini:

  • Gabungkan 1 sendok teh gel lidah buaya dalam secangkir air
  • Gunakan sebagai obat kumur dengan berkumur beberapa saat hingga rasa sakit akibat gigi berlubang mereda

Penggunaan gel lidah buaya sebagai obat sakit gigi berlubang akan membantu dalam meredakan sekaligus menenangkan gigi yang sakit karena adanya lubang tersebut.

10. Obat Untuk Sakit Gigi Berlubang dari Minyak Kelapa

Banyak jenis bakteri hidup di dalam mulut dan melakukan aktivitas dengan mengumpulkan sisa-sisa makanan yang tersisa yang pada akhirnya membentuk plak gigi. Ketika kita makan dan minum, bakteri ini akan membuat asam, yang dapat melarutkan lapisan pelindung di bawah plak. Asam tersebut akan menghilangkan mineral dari enamel gigi, yang jika tidak ditangani dapat menyebabkan gigi berlubang.

Gigi berlubang ini sebagai akibat dari adanya pembusukan yang terjadi pada enamel gigi, dan apabila enamel gigi pecah, pembusukan akan masuk lebih dalam ke dentin gigi, dan pada akhirnya akan mencapai saraf (pulpa) pada gigi. Pada saat itulah rasa sakit karena gigi berlubang bisa dirasakan.

Salah satu tindakan pencegahan dan pengobatan untuk sakit gigi berlubang adalah dengan penggunaan minyak kelapa sebagai obat sakit gigi berlubang. Ini adalah salah satu jenis pengobatan tradisional dan telah berlangsung sejak jaman nenek moyang dan resepnya sudah diturunkan untuk beberapa generasi. Perlu diketahui bahwa pengobatan gigi berlubang dengan menggunakan minyak dikenal dengan istilah Oil Pulling. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan beberapa jenis minyak nabati atau minyak esensial, dan minyak kelapa adalah salah satu yang dianjurkan mengingat bahan alami ini mudah ditemukan dan harganya relatif terjangkau.

Alasan Penggunaan Minyak Kelapa sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa aktivitas bakteri jahat dalam mulut pada akhirnya bisa menyebabkan terjadinya gigi berlubang. Karena hal itulah maka minyak kelapa yang kaya akan kandungan trigliserida rantai menengah dan asam laurat dianggap baik sebagai obat sakit gigi berlubang karena:

  • Minyak kelapa efektif dalam menyerang bakteri Streptococcus Mutans, yaitu bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

Bentuk pengobatan sakit gigi berlubang dengan menggunakan minyak kelapa sebagai obat sakit gigi berlubang juga bertujuan untuk membersihkan dan mendetoksifikasi gigi dan gusi, sekaligus memberi efek tambahan berupa pemutihan gigi secara alami.

Ditambah lagi adanya bukti yang telah menunjukkan bahwa pengobatan gigi berlubang dengan minyak kelapa dapat menghilangkan bakteri berbahaya penyebab gigi berlubang sekaligus juga meningkatkan kesehatan gusi.

Minyak kelapa mampu menembus plak gigi dan mengeluarkan bakteri dan racun tanpa mengganggu gigi yang masih sehat. Jadi hal-hal tersebut itulah yang menjadi suatu alasan untuk menggunakan minyak kelapa sebagai obat sakit gigi berlubang.

Cara Penggunaan Minyak Kelapa sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

Karena minyak kelapa mudah ditemukan maka ini adalah bahan alami yang direkomendasikan untuk dijadikan sebagai obat sakit gigi berlubang. Namun perlu diketahui untuk sebisa mungkin menggunakan minyak kelapa murni agar khasiat penyembuhannya bisa lebih terasa nyata.

Saat sakit gigi karena gigi berlubang datang menyerang, kita bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat sakit gigi berlubang denan cara yang sangat mudah:

  • Cukup menggunakan minyak kelapa dengan cara dikumur-kumur pada bagian gigi yang berlubang selama sekitar 20 menit. Dalam hal ini, minyak kelapa akan menarik bakteri yang berada pada gigi yang berlubang.

Minyak kelapa dianggap aman sebagai obat sakit gigi berlubang karena food grade. Jadi jika tidak sengaja tertelan, itu tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Namun sebaiknya jangan sampai tertelan, sebab pengobatan kesehatan gigi termasuk gigi berlubang dengan minyak kelapa bertujuan untuk menarik bakteri, jadi saat memuntahkan minyak kelapa yang telah dikumur selama sekitar 20 menit, maka jangan kaget jika melihat warnanya berubah karena telah bercampur dengan bakteri dan plak yang tertarik selama minyak kelapa dikumur tadi.

11. Fluoride Sebagai Pelindung dan Obat untuk Sakit Gigi Berlubang

Sakit gigi berlubang terjadi karena adanya serangan asam sehingga membuat permukaan luar gigi yang keras (enamel) menjadi terganggu hingga akhirnya membuat gigi berlubang. Untuk melindungi gigi terhadap kerusakan gigi berlubang maka fluoride seringkali digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang dalam hal melindungi gigi secara alami dengan kandungan mineral tinggi yang dimilikinya. Sebagaimana diketahui bahwa mineral adalah salah satu nutrisi yang diperlukan oleh gigi untuk senantiasa sehat atau meminimalisir gangguan kesehatan yang bisa menimpa gigi.

Bagaimana Fluoride Bekerja sebagai Pelindung Gigi?

Untuk lebih mengetahui mengenai manfaat fluoride sebagai obat sakit gigi berlubang, maka perlu diketahui mengenai sistem kerja fluoride dalam melindungi gigi terhadap kerusakan gigi berlubang berikut ini:

  1. Sebelum gigi menembus gusi, fluoride yang bisa diperoleh dari makanan, minuman dan suplemen makanan akan membuat enamel gigi (permukaan keras di luar gigi) menjadi lebih kuat, sehingga akan lebih mudah untuk melawan kerusakan gigi berlubang. Ini adalah bentuk awal dari kerja fluoride sebagai obat sakit gigi berlubang.
  2. Setelah terjadi erupsi pada gigi, fluoride akan membantu membangun kembali (remineralize) enamel gigi yang melemah dan membalikkan tanda-tanda awal kerusakan gigi berlubang. Itulah sebabnya ketika kita menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, atau menggunakan produk gigi berfluoride lainnya, maka fluoride yang diterapkan langsung pada permukaan gigi akan memberikan manfaatnya sebagai obat sakit gigi berlubang.
  3. Selain itu, fluoride yang diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari juga akan terus memberikan manfaat topikal karena itu telah berbaur dengan air liur. Sehingga jika gigi terkena air liur yang bercampur dengan fluoride yang diperoleh dari makanan atau minuman yang dikonsumsi, maka akan membantu membangun kembali enamel gigi yang lemah. Adapun jenis makanan atau minuman yang mengandung fluoride dan dapat bertindak sebagai obat sakit gigi berlubang antara lain: mentimun, anggur, bayam, tomat, apel, wortel, kentang, dan masih ada beberapa lainnya.

Bentuk Obat Sakit Gigi Berlubang dengan Fluoride

  1. Pasta Gigi dan Obat Kumur dengan Fluoride

Sejak tahun 1960, pasta gigi dengan fluoride telah bertanggung jawab terhadap penurunan sakit gigi berlubang. Untuk menggunakan fluoride sebagai obat sakit gigi berlubang dalam bentuk pasta gigi dan obat kumur maka bisa dilakukan dengan aturan sebagai berikut:

  • Untuk anak-anak batita (di bawah 3 tahun) dan telah memiliki gigi, maka mulailah menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi fluoride dalam jumlah sangat sedikit dulu atau dalam ukuran sebutir beras.
  • Untuk anak-anak berusia 3 – 6 tahun, dapat menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride dengan ukuran tidak lebih dari seukuran kacang tanah.
  • Untuk anak-anak yang usianya lebih dari di atas hingga orang dewasa dan manula, dapat menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride dengan ukuran sepanjang bulu sikat gigi yang digunakan tetapi dalam ukuran yang wajar (tidak terlalu tebal).

Sementara itu, obat sakit gigi berlubang dalam bentuk obat kumur dengan fluoride dapat membantu gigi lebih bertahan terhadap pembusukan, tetapi ini hanya berlaku untuk mereka yang berusia di atas 6 tahun. Sedangkan di bawah dari itu boleh menggunakan setelah mendapat rekomendasi dari dokter gigi sebab biasanya anak-anak akan langsung menelannya secara refleks.

  1. Suplemen Makanan yang Mengandung Fluoride

Penggunaan suplemen makanan yang mengandung fluoride sebagai obat sakit berlubang sebenarnya harus mendapatkan rekomendasi atau berdasarkan resep dokter gigi. Biasanya pemberian suplemen makanan yang mengandung fluoride hanya diberikan untuk bayi yang berusia mulai dari 6 bulan hingga anak yang berusia hingga 16 tahun dan mereka berdomisili di suatu daerah dengan jumlah fluoride yang kurang, sebab fluoride bisa diperoleh pula dari segala sumber air sehingga apabila mereka tinggal di daerah yang airnya kekurangan fluoride maka pemberian suplemen makanan dengan fluoride bisa diberikan. Dengan demikian, resiko untuk mendapatkan gigi berlubang bisa diminimalisir sejak dini dan ketika dewasa mereka memiliki gigi yang lebih sehat dan kuat serta terlindung dari kerusakan gigi berlubang.

12. Obat untuk Sakit Gigi Berlubang dari Teh

Ada bermacam-macam jenis gangguan kesehatan yang bisa ditimbulkan dari gigi yang sakit. Gangguan kesehatan itu antara lain terjadinya gigi berlubang, gusi meradang, abses gigi, penyakit peradangan atau infeksi pada jaringan pendukung gigi. Meskipun begitu, hanya seorang dokter gigi yang berlisensi saja yang lebih berkompeten dalam memberikan diagnosa dan saran pengobatan yang akurat. Jadi, apabila sakit gigi berlubang datang menyerang dan ingin segera mencari bentuk pertolongan pertama sebagai obat sakit berlubang, perlu diperhatikan keamanan penggunaan obat tersebut, baik itu obat yang berbahan alami maupun antibiotik pereda rasa sakit untuk sementara.

Biasanya gigi berlubang terjadi karena adanya bakteri yang hidup dan berkembang biak di antara rongga-rongga gigi maupun di bawah gusi. Pada awalnya itu tidak akan terasa, namun seiring kegiatan kita dalam hal mengkonsumsi makanan manis atau karbohidrat, maka hal itu telah memberikan kesempatan bagi bakteri untuk mulai menyerang gigi dan gusi, sehingga lama-kelamaan akan menimbulkan lubang yang semakin membesar dan pada akhirnya memberikan rasa sakit gigi yang tidak tertahankan.

Salah satu bentuk pengobatan sakit gigi berlubang yang sering dilakukan orang-orang yang terkena sakit gigi adalah dengan melakukan perawatan dari rumah. Hal ini dianggapnya lebih praktis dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, meskipun sifat penyembuhannya hanya berlangsung sementara. Tentu saja obat sakit gigi berlubang yang digunakan adalah berasal dari bahan alami. Namun sebelum menggunakannya, pastikan terlebih dahulu bahwa bahan alami atau herbal itu aman digunakan serta tidak menimbulkan efek samping yang serius di masa yang akan datang.

Teh yang Baik Dikonsumsi sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

Teh adalah jenis minuman yang hampir ditemukan pada setiap rumah sehingga teh merupakan bahan herbal alami yang bisa dijadikan sebagai salah satu obat sakit gigi berlubang. Meskipun di sekitar kita banyak dijumpai beragam jenis teh,namun ada beberapa jenis teh yang dianggap baik untuk dikonsumsi sebagai obat sakit gigi berlubang, yaitu:

  1. Teh Cengkeh (Clove Tea)

Seperti halnya tanaman dan biji cengkeh yang dikenal beraroma kuat, maka teh yang berbahan utama dari cengkeh ini juga memiliki aroma yang kuat dan kaya rasa. Menurut studi yang telah dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH), teh cengkeh dianggap memiliki kegunaan yang efektif sebagai obat sakit gigi berlubang untuk meringankan rasa sakitnya, karena teh cengkeh mengandung senyawa eugenol yang bisa menimbulkan sensasi mati rasa pada gigi yang berlubang saat menggunakan teh cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang dengan cara dikumur-kumur. Teh cengkeh juga bisa mengurangi peradangan sekaligus menyingkirkan bakteri pada gigi.

  1. Teh Hijau (Green Tea)

Teh hijau telah dikenal secara umum sebagai antioksidan, anti inflamasi, serta memiliki sifat antiseptik. Penggunaan teh hiaju sebagai obat sakit gigi berlubang, juga sama dengan cara penggunaan teh cengkeh sebagai obat sakit gigi berlubang, yaitu hanya dengan menjadikannya obat kumur. Bisa juga dengan mengkonsumsi rutin teh hijau tanpa gula secara teratur sebagai tindakan perawatan dan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya gigi berlubang.

  1. Teh Neem

Neem adalah salah satu tanaman herbal yang berasal dari India dan populer digunakan dalam pengobatan tradisional India, termasuk dalam pengobatan gigi berlubang. Penggunaan neem sebagai obat sakit gigi berlubang telah direkomendasikan oleh pakar kesehatan herbal di sana, dimana teh neem dapat meringankan gejala-gejala awal gangguan sakit gigi berlubang dengan kandungan senyawa anti inflamasi dan antiseptik alaminya.

13. Obat untuk Sakit Gigi Berlubang dari Bawang Putih

Sejak sekitar 3.000 tahun sebelum masehi, bawang putih telah digunakan untuk tujuan pengobatan. Dalam hal ini, kandungan Allicin pada bawang putih yang memberikannya aroma khas bawang putih, akan bekerja efektif sebagai anti jamur, anti virus, dan anti bakteri. Properti pada bawang putih itulah yang dapat membantunya dalam melawan masalah kerusakan gigi akibat gigi berlubang. Dengan begitu, bawang putih dapat dijadikan sebagai salah satu obat sakit gigi berlubang.

Perlu diketahui bahwa dalam mulut dan gigi kita, ada sekitar 500 lebih spesies bakteri yang berkembang biak. Beberapa bakteri tersebut ada yang bermanfaat untuk kesehatan, dan juga tidak. Untuk itu, menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah tindakan yang senantiasa diperlukan untuk menghindari terjadinya gigi berlubang. Namun apabila kita telah terlanjur mengalaminya, maka saat rasa sakit menyerang akibat gigi berlubang, kita bisa mempertimbangkan penggunaan bawang putih sebagai obat sakit gigi berlubang. Apalagi bawang putih biasanya ada dalam rumah karena sering digunakan sebagai bumbu masakan.

Bawang putih dianggap sebagai salah satu obat sakit gigi berlubang yang efektif karena kandungan Allicin yang terdapat di dalamnya dpat mencegah bakteri jahat yang menyebabkan kerusakan gigi untuk berkembang biak di dalam mulut. Beberapa penelitian juga telah menyimpulkan bahwa penggunaan ekstrak bawang putih dapat membantu memerangi periodontitis (penyakit gusi) dengan cara mengendalikan populasi bakteri buruk dan membiarkan bakteri baik berkembang.

Meskipun saat ini telah banyak produk kesehatan mulut yang mengklaim untuk melawan penyakit gigi dan gusi dengan membunuh 99,9% bakteri, namun kenyataannya tidak seperti itu. Ketika kita membunuh semua bakteri dalam mulut, tingkat pertumbuhan kembali untuk bakteri yang baik dan yang buruk yang berbeda, sehingga akan terjadi ketidakseimbangan antara pertumbuhan bakteri baik dan buruk, yang pada akhirnya dapat membahayakan kesehatan mulut dan keseluruhan tubuh.

Cara Menggunakan Bawang Putih sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi berlubang, seperti:

  • Untuk tindakan pencegahan, kita bisa menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi berlubang dengan rutin mengkonsumsinya sebagai suplemen alami. Meskipun ada aroma yang kurang sedap di mulut setelah mengkonsumsi bawang putih, namun itu tidak akan menjadi masalah selama kita bisa terhindar dari sakit gigi berlubang yang memberikan rasa sakit yang luar biasa.

Atau:

  • Senantiasa menambahkan bawang putih secara rutin dalam makanan yang dimasak. Selain membuat rasanya menjadi lebih lezat dan menambah selera, bawang putih sangat bergizi namun memiliki jumlah kalori yang sedikit. Kita bisa menambahkannya dalam omelet yang dibuat setiap pagi sebagai sarapan, atau dalam bentuk makanan lainnya dan menambahkan bawang putih di dalamnya. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan obat sakit gigi berlubang yang rasanya lezat, menyehatkan, dan mengenyangkan.

Lalu, saat sakit gigi akibat gigi berlubang benaar-benar datang, kita bisa menerapkan bawang putih secara langsung dengan cara:

  • Memasukkannya pada bagian gigi yang berlubang, kemudian kunyah-kunyah hingga halus, dan diamkan sesaat selama beberapa menit, sebelum membilas mulut dengan air hangat.

Bawang putih telah dianggap sebagai obat sakit gigi berlubang yang cukup efektif meskipun hanya memberikan efek yang berlangsung sementara. Untuk penyembuhan jangka panjang, kita harus tetap bertemu dokter gigi dan mendapatkan perawatan dan bentuk pengobatan yang lebih baik untuk sakit gigi berlubang yang diderita. Namun tetaplah mengkonsumsi bawang putih setiap hari, tidak hanya baik untuk kesehatan gigi dan mulut, tetapi bawang putih juga telah terbukti untuk mengurangi flu berkepanjangan karena Allicin pada bawang putih juga memiliki kemampuan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nah beberapa saran pencegahan dan penyajian obat untuk sakit gigi berlubang diatas sudah sangat terbukti dan terpercaya bila anda aplikasian dan gunakan. Disamping sangat aman harganya juga sangat terjangkau, selain itu Anda juga dapat memilih obat alami tradisonal yang ada di dapur Anda seperti beberapa contoh diatas sebagai obat untuk sakit gigi berlubang.